Transyogi-online.com, Tangerang, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mencatat peningkatan
kinerja dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 481 miliar di tahun
2012. Pencapaian ini lebih besar 33,3 persen atau Rp 120 miliar
dibanding periode yang sama tahun 2011.
Peningkatan kinerja ini didorong oleh peningkatan pendapatan bersih
yang naik sebesar sebesar 28,2 persen dibanding tahun sebelumnya yakni
dari Rp 18,2 triliun di tahun 2011 menjadi 23,4 triliun di tahun 2012.
Selain itu, pencapaian-pencapaian tersebut juga ditopang oleh ekspansi
usaha Perseroan serta efisiensi yang secara konsisten dilaksanakan
sehingga tingkat marjin dapat terus dipertahankan.
Feny Djoko Susanto, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
menegaskan kinerja yang diraih selama periode 2012 tersebut tidak
terlepas dari konsistensi semua karyawan baik di kantor pusat, cabang
maupun toko dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan
maupun principle."Selain itu, inovasi program marketing terpadu dan layanan jasa lain
seperti pembayaran cicilan motor, tagihan PLN, telepon, pembayaran dan
reservasi tiket kereta api, Top up XL Tunai, kiriman uang melalui wesel
BNI, dan sebagainya juga turut memberikan sumbangsih terhadap pencapaian
perseroan sepanjang 2012 secara keseluruhan," ungkapnya dalam Rapat
Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kantor Pusat Perseroan, Cikokol,
Tangerang.
Apalagi, sepanjang tahun 2012, Perseroan terus berekspansi dengan
membuka 1.266 toko baru dengan 377 toko diantaranya adalah waralaba.
Untuk memperluas pangsa pasar dan menambah kapasitas pelayanannya,
selama tahun 2012 Perseroan juga telah menambah 3 pusat distribusi baru
yaitu di Medan (Sumatera Utara), Jember (Jawa Timur) dan Bogor (Jawa
Barat). Tentunya, katanya, ekspansi yang telah dilakukan tersebut berimbas
pada peningkatan jumlah aset Perseroan yang meningkat dari Rp 5 triliun
di tahun 2011 menjadi Rp 7,5 triliun di akhir tahun 2012 atau naik
sebesar 49,6 persen.
Dalam sisi tanggung jawab sosial perusahaan, dengan mengusung tema
“Alfamart for All” pada tahun 2010, melalui salah satu programnya yaitu
Alfamart SMEs, sampai dengan tahun 2012 perseroan telah berhasil membina
lebih dari 118.000 pedagang dengan basis UMKM, memperbaiki 71 warung
tradisional melalui bedah warung, merevitalisasi 205 kios peritel UMKM
serta menyelenggarakan pelatihan tata kelola warung untuk lebih dari
2.000 pedagang kecil. Selain itu Perseroan juga secara tanggap dan aktif berusaha ikut
terlibat dalam setiap usaha pemberian bantuan penanggulangan bencana
alam, memberikan bantuan ke yayasan-yayasan sosial, membantu Palang
Merah Indonesia melalui Aksi Donor Darah dengan melibatkan karyawan dan
pelanggan. (silaen gp/transyogi)