{ads}

Transyogi-online.com, Cileungsi - Mukena merupakan perlengkapan wanita yang harus dijaga termasuk kesuciannya, karena perlengkapan yang satu ini digunakan untuk beribadah. Terkadang wanita memilih mukena pun berbagai macam dari mulai dari bahan berkualitas standar hingga tinggi, untuk itu menjelang bulan ramadhan persiapkan mukena lama anda yang perlu ditengok kembali kebersihan dan kesuciannya.

Bulan ramadhan adalah bulan yang suci untuk ibadah bagi umat islam, tak sedikit wanita berfikir sebaiknya membeli mukena baru dibanding harus memakai mukena lama padahal mukena anda masih bagus dan layak dipakai. Hanya saja mungkin perawatan mukena harus memang diperhatikan, berikut tips cara merawat mukena lama anda.

1. Setelah menggunakannya taruh dan digantung. Kebiasaan yang sering dilakukan hanya menggeletakkan saja di lemari atau dimana saja setelah anda menggunakannya, hal ini dapat menimbulkan jamur pada bahan mukena yang diakibatkan lembab. Sebaiknya digantung dengan hanger agar kondisi mukena tetap kering terutama bagian kepala yang cenderung basah akibat basuhan rambut saat wudhu.

2. Jika ingin mencuci jangan menggunakan mesin cuci. Jangan pernah mencuci mukena memakai mesin cuci, anda cukup merendam mukena dengan air hangat plus deterjen hindari penggunaan dengan pemutih hal ini dapat memudarkan warna motif yang ada di mukena.

3. Jangan terlalu keras memeras mukena. Mukena sangat rentan sobek termasuk warna dan bordiran/payet yang terdapat pada mukena sebaiknya jangan keras memeras kalau bisa cukup di angin-anginkan saja. Jika Hal ini dilakukan dapat menyebabkan bahan dan motif mukena itu sendiri.

4. Gunakan seterika dengan suhu yang sedang. Setting seterikaan anda dalam suhu yang sedang karena mukena memiliki bahan yang mudah rusak maupun rapuh, hal ini tergantung pada bahan mukena itu sendiri, kalau perlu jika memiliki bahan muken parasit cukup di angin-anginkan saja.

5. Simpan mukena tempat yang kering. Setelah proses tersebut sudah selesai lipat dengan baik taruh di tempat kering dan gunakan kapur barus atau penghilang lembab hal ini menghindari warna mukena yang menguning atau memudar.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda, kalau mukena lama anda masih bagus dirawat sesuai tuntunan diatas, maka bisa jadi dalam menyambut bulan ramadhan mukena anda tampak baru dan tidak usah membelinya kembali.(Amin/transyogi)
Previous Post Next Post

1

2