{ads}


Transyogi-online.com, Cileungsi - Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas islam, pastinya tidak melewatkan hari Idul Fitri atau lebaran yang merupakan perayaan besar umat islam yang tinggal beberapa bulan saja, untuk itu harus dipersiapkan sebelum bulan Ramadhan.

Sebagai karyawan atau pekerja yang memiliki keluarga dan anak sangat perlu perencanaan untuk menyambut hari besar umat islam ini, walaupun dalam menyambut hari istimewa ini tidak boleh berlebihan menurut islam. Untuk itu berikut tips merencanakan dengan menabung persiapan hari raya idul fitri.

1. Usahakan bawa bekal yang dipersiapkan oleh istri. Cara ini cukup ampuh untuk menghemat pengeluaran kita, secara istri pun sudah dipercaya diberi uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk kebutuhan kita saat bekerja. hal ini dilakukan 2-3 bulan sebelum awal bulan ramadhan.

2. Tidak membeli kebutuhan yang tidak perlu. Kebiasaan membeli koran atau yang lainnya sebaiknya supaya ditahan alternatifnya untuk koran bisa melihat situs berita di kantor pada jam istirahat. Kebutuhan lainnya bisa anda pertimbangan apakah perlu atau tidak.

3. Berbagi kendaraan menuju kantor. Jika memiliki rekan kerja yang satu kantor dan wilayahnya pun dekat dengan rumah anda, sebaik tidak ada salahnya untuk menumpang kendaraannya bagi anda yang biasa mengunakan kendaraan umum. Jika Anda yang mengendarai sepeda motor gunakanlah motor sesuai keperluan hindari pengguna jarak dekat dengan menggunakan motor.

4. Kebiasaan jajan di jam pulang kerja. Kadang kalau sudah sore waktu jam pulang kerja kebiasaan jajan dilakukan sebaiknya ini pun harus di hemat dari 2-3 bulan sebelum bulan ramadhan datang, hal ini mampu menghemat keuangan anda. Sebaiknya pulang segera makan bersama keluarga di rumah. Namun beda lagi dengan sudah masuki bulan ramadhan jajan akan timbul disaat anda masih diperjalanan menuju pulang dan harus buka puasa sebaiknya beli minuman atau sudah dipersiapkan dari kantor untuk membatalkan puasa jika waktu buka puasa tiba.

5. Manfaatkan bonus dan tunjangan hari raya sebaik-baiknya. Rencanakan keuangan anda yang sedikit lagi akan merayakan idul fitri, banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan. Prencanaan yang tepat mampu menghemat apa yang harus diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan perencanaan yang tepat semoga menabung anda dapat bermanfaat dalam menghadapi hari raya idul fitri bersama keluarga, yang penting ibadah anda selama bulan ramadhan menjadi berkah dan terpenuhi serta khusuk menjalani.(Amin/transyogi)




Previous Post Next Post

1

2