{ads}


Akhirnya pembangunan terowongan atau underpass Cibubur yang dikerjakan sejak 2011 kini dapat dirasakan oleh pengendara kawasan Cibubur dan sekitarnya, pasalnya underpass ini dibangun untuk mengurangi waktu tempuh dari kawasan Cibubur atau Cimanggis menuju Tol Jagorawi yang menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi.

Bukan hanya mengurangi waktu tempuh namun dianggap mampu menguraikan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi gerbang masuk tol maupun keluar Cibubur, sebelumnya  Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengatakan bahwa underpass ini diharapkan dapat mengurangi beban di depan Cibubur Junction sampai 20 persen.

Memang menurut warga setempat yang merasakan underpass ini mulai berpengaruh terutama waktu jam kerja baik untuk pergi maupun pulang kerja kawasan ini sangat terkenal macetnya, hal ini juga karena banyaknya perumahan yang mulai berdiri dikawasan Cibubur, Transyogi hingga perbatasan Bekasi maupun Bogor.

Underpass Cibubur salah satu proyek terowongan terpanjang di Indonesia dengan menggunakan teknologi jacking system yang memiliki panjang 1.130 meter dengan total anggaran Rp 99 miliar.

Previous Post Next Post

1

2